Liverpool Menang Atas Everton Empat Gol Tanpa Balas

Liverpool Menang Atas Everton Empat Gol Tanpa Balas – Klub asal Marseyside Liverpool sukses menang dengan skor besar 4-0 atas Everton pada pertandingan derby Merseyside edisi ke 222. Gol itu dicetak oleh Steven Gerrard, Daniel Sturridge dengan 2 gol dan Luis Suarez yang menjadi topskorer tim.

Pada pertandingan yang berlangsung di Anfield markas sendiri, Rabu (29/1/2014) dinihari, Liverpool langsung unggul tiga gol di babak pertama pertandingan, dibuka gol Gerrard dan dilanjutkan Sturridge dua gol ke gawang lawan. Satu gol tambahan lain dicetak Suarez di awal-awal babak kedua setelah turun minum.

Secara keseluruhan tim, Everton sebenarnya lebih banyak menguasai bola dengan 61% berbanding 39% milik Liverpool. Namun tim asuhan Brendan Rodgers tampil lebih efisien dalam memanfaatkan peluang. Mereka melepaskan 19 tendangan dengan sembilan di antaranya mengarah ke gawang lawan. Sementara Everton punya 18 percobaan tendangan, namun hanya empat yang mengarah ke sasaran.

Hasil pertandingan ini mempertahankan Liverpool di posisi keempat klasemen Liga Inggris dengan nilai 46 dari 23 pertandingan yang dijalani. Sementara Everton kini harus tertinggal empat poin dari sang rival satu kota, meski tetap menduduki posisi keenam klasemen.

Pada pertandingan ini, Liverpool langsung mendapatkan tekanan dua menit babak pertama dimulai. Lewat sebuah serangan balik cepat, Kevin Mirallas mengirimkan bola ke Ross Barkley di sisi tengah lapangan. Barkley kemudian melepaskan tendangan jarak jauh namun masih melayang di atas mistar Simon Mignolet yang menjaga gawang.

Liverpool langsung merespon semenit kemudian. Tendangan first time Jordan Henderson dari luar kotak penalti memaksa Tim Howard melakukan manuver penyelamatan bola.

Pada menit 7, serangan dari Liverpool berlanjut. Sturridge berhasil merebut bola dari Phil Jagielka dan bola jatuh ke kaki Suarez yang ada di depan. Penyerang asal Uruguay itu kemudian menendang bola dengan kaki kiri, namun berhasil ditepis.

Pada menit 18, kemudian giliran Raheem Sterling menebar ancaman. Diawali umpan terobosan Sturridge ke jantung pertahanan, bola berhasil dikuasai Sterling yang memenangi adu lari dengan Jagielka dan Alcaraz di lini belakang. Namun tendangannya masih mengenai kaki kiper.

Liverpool sukses mencetak gol ke gawang Howard lewat Steven Gerrard pada pertengahan babak. Kapten Liverpool tersebut menyundul bola umpan sepak pojok dari Suarez ke pojok kiri atas gawang.

Tuan rumah terus mendominasi selama pertandingan berlangsung. Pada menit 27 babak pertama, umpan Suarez diterima Strurridge. Nama terakhir kemudian melengkungkan bola mengarah ke pojok kanan atas gawang, tapi masih sedikit di atas mistar gawang.

Pada menit 31,tim tamu berkesempatan untuk menyamakan kedudukan. Eksekusi sepak pojok Mirallas diterima Jagielka di tengah kotak penalti dan langsung mengarahkan bola ke pojok kiri gawang. Tapi Mignolet mampu membaca arah bola dan menepisnya keluar.

Liverpool masih belum keluar dari tekanan lawan. Tendangan keras mendatar Mirallas dari luar kotak penalti hanya melesat tipis di sisi kiri gawang.

Walau tertekan oleh lawan, pada menit 32 Liverpool justru mampu menambah keunggulan lewat kaki Sturridge. Berawal dari serangan balik cepat, Philippe Coutinho melepaskan umpan terobosan kepada Sturridge di sisi kiri yang bebas. Sturridge pun sukses menaklukkan Howard dalam duel.

Hanya tiga menit setelahnya, Sturridge mencetak gol kedua dalam pertandingan ini. Umpan jauh Toure diterima Sturridge. Howard mencoba maju untuk menutup ruang tembak Sturridge, namun dia dengan cerdik melambungkan bola melewati kiper.

Tak ada lagi gol tercipta hingga turun minum babak pertama.

Baru empat menit berjalan pada babak kedua, Liverpool tertekan kembali. Tembakan jarak jauh Leon Osman meneruskan umpan Leighton Baines memaksa Mignolet beraksi melakukan penyelamatan dalam pertandingan.

Namun semenit kemudian, Liverpool justru menjauh melalui kaki Suarez yang ada di depan. Kesalahan dari Jagielka di lingkaran tengah lapangan membuat bola jatuh ke kakinya. Penyerang bernomor punggung tujuh itu kemudian membawa bola dari sana hingga ke dalam kotak penalti dan menaklukkan Howard lewat tendangan kaki kiri.

Sturridge berpeluang mencetak tiga gol sekaligus gol kelima, pada menit 54. Wasit menghadiahkan penalti setelah menilai Sterling dijatuhkan oleh Howard di kotak penalti. Namun Sturridge membuang kesempatan yang ada, eksekusinya melayang di atas mistar gawang.

Tim tamu terus berupaya memperkecil ketertinggalan atas lawan. Pada menit 70 James McCarthy mencoba peruntungan dari luar kotak penalti Liverpool, setelah menerima umpan dari Baines di sisi sayap. Tendangannya ditepis Mignolet dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Leon Osman mendapat peluang pada menit 78, tapi gagal untuk mencetak gol. Tendangan jarak jauhnya mampu ditahan Mignolet dengan baik.

Hingga pertandingan berakhir, tidak ada gol lagi yang tercipta dari kedua tim. Skor pun tetap sama 4-0.