Para Pemain Timnas U-19 Dapatkan Beasiswa Penuh

Para Pemain Timnas U-19 Dapatkan Beasiswa Penuh – Salah satu faktor utama dalam kehidupan sering dikesampingkan dalam pengembangan olahraga di Indonesia sekarang. Tapi itu dipastikan tidak akan terjadi di timnas U-19 yang akan dibiayai masuk perguruan tinggi dan bisa masuk Universitas Negeri Yogyakarta tanpa harus tes terlebih dahulu.

Telah banyak terjadi di Indonesia olahragawan yang tak punya modal pendidikan cukup kemudian menjalani masa pensiun yang jauh dari kehidupan yang biasanya. Cerita serupa diharapkan Djohar Arifin Husin tak terjadi pada Evan Dimas dkk yang kini tengah jadi sorotan atas keberhasilan di kompetisi level junior yang mereka ikuti.

Saat ini para pemain timnas U-19 baru dapat hadiah dari UNY berupa pembebasan ujian masuk jika ingin menuntut ilmu di universitas itu. Selain itu mereka juga dibebaskan untuk memilih jurusan yang diinginka mereka.

“Kemarin untuk memasukkan kuliah para pemain, memiliki keinginan untuk ke swasta saja sudah luar biasa adanya. Namun ini justru mendapat di kampus negeri yang baik, sehingga sangat bersyukur atas apa yang sudah kami peroleh. Ini penghargaan luar biasa dari UNY yang berada di Yogyakarta.”

Para pemain timnas U-19 rencananya akan dipertahankan hingga SEA Games 2017 mendatang. Selama periode tersebut dikhawatirkan menu latihan sepakbola akan memunculkan kebosanan yang dirasakan setiap pemain. Dengan berkuliah para pemain diyakini akan punya aktivitas lain selain sepakbola yang sekaligus jadi bekal masa depan mereka nanti.

“Selesai latihan mereka bisa kuliah ke kampus yang mereka pilih, malem bisa belajar di rumah, diskusi dalam proses pembelajaran, sehingga semangat mereka terus dijaga dan akan terwujud di masa yang akan datang.”

Sementara biaya kuliah dari para pemain, PSSI sudah menyanggupi untuk menanggung semua. Tapi di sisi lain pihak UNY juga telah memberikan banyak keringanan bagi para pemain Timnas U-19 dalam menempuh pendidikan dalam mewujudkan mimpinya.

Prof. Dr. Rohmad Wahab sebagai Rektor UNY menyebut, langkah menerima para pemain Timnas U 19 tanpa test merupakan komitmen agar mereka tidak hanya pintar di lapangan bola saja. Usia masih sangat muda sehingga pendidikan harus tetap dipikirkan oleh mereka. Apalagi, anak-anak U 19 terbukti telah memiliki prestasi dalam menjalani kompetisi.

“Kita akan mengawal pejuang-pejuang bangsa ini agar tidak hanya bagus di lapangan. Tetapi kemampuan akademik juga harus ditingkatkan dari para pemain.”

Pemain Timnas U 19 asal NTT yakni Yabes Roni Malaifani mengaku sangat bahagia dengan kebijakan masuk kuliah di PTN tanpa test. Karena bisa melanjutkan pendidikan tinggi adalah harapan yang dimilikinya.

“Saya sangat bersyukur, saya mau masuk ke FIK (Fakultas Ilmu Keolahragaan) di UNY.”